Pages

Thursday, February 16, 2012

Bagaimana Cara Memformat Harddisk Tanpa Kehilangan Data?

Sebagian besar waktu Anda mungkin perlu memformat ulang hard drive komputer Anda: jika Anda telah menjadi korban serangan virus, komputer Anda berjalan lebih lambat dari biasanya atau Anda mendapatkan pesan error. Untuk menghilangkan semua masalah komputer memformat ulang hard drive Anda adalah sangat penting. Dengan memformat komputer Anda dan menginstal versi baru dari sistem operasi, Anda dapat menyingkirkan masalah sial ini yang disebabkan oleh hard disk terfragmentasi.

Memformat komputer Anda berarti mempersiapkan media penyimpanan, disk drive atau hard drive untuk membaca atau menulis. Bila Anda memformat hard disk sistem operasi dapat menghapus semua informasi penting atau data yang disimpan pada disk. Kemudian hal itu akan menguji hard drive untuk melihat apakah semua sektor pada disk dapat diandalkan atau rusak dan juga menciptakan alamat internal untuk menemukan informasi yang bermanfaat. Ketika seseorang melakukan prosedur memformat hard disk untuk pertama kalinya disebut format. Jika Anda mengambil hard drive yang sebelumnya diformat dan kemudian memformat hard disk lagi, hal itu disebut reformatting.

Sebelum memformat ulang komputer sangat penting untuk mengambil cadangan dari file penting dan terutama folder dokumen. Mengambil cadangan dari disk sangat penting, karena sekali Anda memformat komputer Anda, Anda bisa kehilangan semua data yang disimpan pada hard drive. Hal ini juga dianjurkan bahwa sebelum Anda mulai memformat ulang komputer Anda, untuk memiliki perangkat lunak antivirus yang diinstal. Ini akan membantu Anda untuk memulai sistem dalam komputer Anda.

Langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

Mulailah dengan memasukkan CD boot pada CD drive dan restart komputer Anda. Layar akan pergi hitam dan Anda akan menemukan beberapa petunjuk yang akan memandu Anda melalui proses tersebut. Ini akan menginstruksikan Anda untuk menekan tombol apa saja untuk boot dari CD. Ikuti petunjuk dan sistem operasi akan memuat file ke komputer. Anda akan menemukan dua pilihan satu adalah pilihan upgrade dan yang lainnya adalah pilihan kustom. Jika Anda ingin memformat komputer Anda, pilih opsi kustom. Anda kemudian akan dibawa ke layar menu di mana ia akan meminta Anda untuk menginstal sistem operasi. Pilih hard drive dengan versi lama dari OS yang terinstal di atasnya.

Jika Anda bingung untuk memilih, pilih drive yang ingin Anda format dan kemudian klik "properties drive" dan kemudian klik "format". Tunggu beberapa waktu dan drive akan diformat ulang. Setelah hard drive diformat ulang, Anda perlu menginstal OS pada drive diformat ulang. Pastikan untuk mengeluarkan CD boot setelah Anda selesai dengan instalasi OS, jika tidak komputer Anda akan melalui proses lagi. Waktu yang dibutuhkan untuk prosedur ini tergantung pada komputer Anda. Kadang-kadang cepat, kadang tidak.

Setelah Anda memformat komputer Anda dan telah menginstal OS, Anda dapat mengembalikan file cadangan yang Anda telah diambil sebelumnya. Namun, ada satu masalah yang mungkin Anda hadapi jika Anda mengikuti metode ini. Dalam hal file Anda mengandung virus, virus dapat ditransfer ke komputer Anda, bahkan jika sudah diformat. Jadi, sangat penting untuk menjalankan scan penuh data Anda atau file sebelum meng-upload data Anda kembali ke komputer.

Perbaikan jendela sistem:

Hal ini dapat dilakukan tanpa memformat komputer Anda, Anda hanya membutuhkan CD instalasi untuk memformat komputer Anda. Ini akan menyingkirkan semua masalah Anda dengan membuat komputer Anda bekerja lebih cepat .


0 comments:

Post a Comment