Pages

Thursday, February 16, 2012

Apa dan Untuk Apa Operating System (OS)?

Periferal dan bagian-bagian sistem adalah kumpulan elektronik yang bekerja sama untuk melakukan tugas tertentu. Program yang setiap komputer gunakan untuk mengontrol dan mengatur seluruh bagian-bagian ini disebut sistem operasi (OS).

Misalnya, pengguna yang ingin menulis dokumen dan mencetaknya pada printer jaringan perlu aplikasi seperti Microsoft Word untuk menyelesaikan pekerjaan ini. Microsoft Word bekerja dengan OS untuk mencapai semua tugas pengolah kata tersebut. Sistem operasi mengontrol semua input dan output fungsi. Semua komputer pribadi, server dan perangkat genggam memerlukan OS agar dapat berfungsi.

Sistem operasi bekerja seperti seorang penerjemah antara aplikasi perangkat lunak dan perangkat keras. Seorang individu berinteraksi dengan perangkat keras komputer melalui aplikasi, seperti Microsoft Excel, Adobe Photoshop, dll Software aplikasi yang dibuat untuk tujuan tertentu. Di sisi lain OS bertanggung jawab untuk komunikasi antara aplikasi perangkat lunak dan perangkat keras komputer.

Ketika PC dinyalakan beban sistem operasi dari harddisk ke dalam RAM. Bagian dari sistem operasi yang berinteraksi langsung dengan perangkat keras disebut kernel. Bagian dari sistem operasi yang dapat dilihat oleh pengguna yang disebut shell. Pengguna dapat menggunakan shell dari antarmuka baris perintah (CLI) atau dari antarmuka pengguna grafis (GUI).

User yang menggunakan CLI berinteraksi langsung dengan OS dalam lingkungan berbasis teks dengan mengetikkan perintah pada command prompt. Komputer mengeksekusi perintah dan menyediakan output tekstual. Pengguna juga dapat menggunakan GUI dan mengontrol komputer dari lingkungan yang menggunakan gambar grafis, multimedia, serta teks. Ini lebih user-friendly dan membutuhkan sedikit pengetahuan dari CLI. Oleh karena itu, sebagian besar pengguna bekerja dengan lingkungan GUI. Microsoft Windows dan sistem operasi Linux menawarkan baik GUI dan CLI.

Semua sistem operasi modern memungkinkan pengguna untuk multitask. OS melacak dimana sumber daya yang digunakan oleh program perangkat lunak.

Untuk bekerja dengan perangkat yang tidak langsung melekat pada PC, aplikasi perangkat lunak khusus harus diinstal yang memungkinkan perangkat untuk mengirim dan menerima data dari internet. Ini disebut Redirector dan biasanya merupakan bagian integral dari OS tetapi kadang-kadang Anda perlu menginstal secara terpisah sebagai klien jaringan. Setelah Anda menginstalnya, OS menjadi OS jaringan (NOS).

Manolis Skoras adalah seorang insinyur Cisco, Microsoft dan HP Trainer Bersertifikat dan sistem-jaringan. Baru-baru ini ia menciptakan situs tentang Sertifikasi TI untuk membantu siswa dan orang di seluruh dunia untuk lebih memahami materi yang mereka akan diuji pada, sehingga memiliki tingkat keberhasilan yang lebih besar.

0 comments:

Post a Comment