Pages

Wednesday, February 15, 2012

5 CARA MENGAMANKAN DATA BERHARGA ANDA

Data pada hard drive Anda adalah hal yang paling berharga di dalam komputer Anda, dan data merupakan satu-satunya yang tidak dapat diganti. Mungkin tidak sulit untuk mengeluarkan uang dalam hal mengganti memori, monitor, ataupun prosesor, tetapi tidak mudah untuk mengembalikan data yang sudah hilang.

Selain adanya kerusakan pada hard drive, ancaman dari virus juga dapat meningkatkan resiko kehilangan data. Meskipun Anda tidak mampu menyediakan perlindungan maksimal bagi hard drive Anda, ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk melindungi data-data yang terdapat pada hard drive Anda. Saya merangkumnya dalam 5 metode tentang mem-backup data seperti dijelaskan di bawah ini:
  
         USB Flash Drive (Flashdisk)
Meski saya tidak merekomendasikan bahwa flashdisk dapat digunakan untuk penyimpanan data yang sebenarnya, flashdisk merupakan sarana yang simpel dan menyenangkan dalam mentransfer data dari satu komputer ke komputer lainnya. Instalasi dan penggunaannya sangat sederhana. Selain tidak perlu menginstal driver perangkat lunak (software) khusus, saluran (port) untuk USB Flashdisk sudah tersedia di hampir setiap komputer selama beberapa tahun belakangan ini. Kecepatan transfernya juga mengalami peningkatan yang luar biasa hingga 4,8 GB/sekon (USB 3.0) dan 480 MB/sekon (USB 2.0). Kapasitasnya juga terus mengalami peningkatan. Yang dahulu kapasitasnya dibatasi mulai dari 128 MB sampai 1 GB, sekarang sudah mencapai 8 sampai 16 GB. Sangat cukup untuk menyimpan bebrapa file dokumen, album MP3, dan data-data penting lainnya.

     CD dan DVD R/RW
Harga yang murah untuk membackup data membuat CD dan DVD R/RW menjadi salah satu pilihan bagi para pengguna komputer dalam melindungi data-data pentingnya. Bahkan CD dan DVD RW dapat ditulis dan dihapus beberapa kali untuk menyimpan file-file yang berbeda. Keterbatasan yang dimiliki CD R/RW adalah pada kapasitasnya yang hanya 700 MB/disk.
Popularitas DVD R/RW saat ini sedang naik seiring dengan penurunan harganya dan kapasitasnya yang jauh lebih besar dibandingkan dengan CD. DVD R/RW mampu menyimpan data sampai 4.7 GB dan saat ini sudah ada DVD R/RW yang kapasitasnya mencapai 8.5 GB atau dua kali lebih besar. Dengan penyimpanan yang tepat, CD/DVD dapat digunakan sebagai media penyimpanan jangka panjang. Data pada CD/DVD dapat dengan mudah dibaca oleh komputer manapun yang memiliki drivenya, sehingga pengarsipan tidak terlalu terpusat pada hard drive.
  
         Hard drive Eksternal
Seperti namanya, hard drive eksternal secara umum sama dengan hard drive biasa yang Anda miliki dalam komputer Anda. Namanya juga eksternal, perangkat ini terpisah dengan sistem komputer Anda, jadi dapat dibawa dan dipindahkan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Kapasitasnya juga beragam tergantung dengan keperluan dan anggaran para penggunanya.
Hard drive eksternal tersedia dalam bebrapa ukuran kapasitas, misalnya 80 GB, 120 GB, atau 160 GB. Penyimpanan ke sistem mereka juga sangat baik menggunakan USB 2.0 atau koneksi ethernet. Instalasi perangkat ini juga cukup sederhana yang memerlukan perangkat lunak (software dasar) agar dapat menghubungkan antara komputer dan perangkat itu sendiri. Bahkan saat ini sudah banyak hard drive eksternal yang menggunakan software dengan fitur untuk mengotomatisasi backup file dari hard drive komputer ke hard drive eksternal.

     Hard drive Tambahan
Dengan menambahkan hard drive tambahan pada sistem komputer Anda, Anda dapat melindungi diri dari kehilangan data dengan menyalinnya pada hard drive sekunder ini. Instalasi hard drive sekunder ini tidaklah sulit, tetapi membutuhkan pamahaman dasar komputer. Dalam artikel selanjutnya akan dijelaskan bagaimana cara menginstal hard drive tambahan ke dalam sistem komputer. 
Keamanan dan kehandalan hard drive sekunder ini dapat diandalkan, karena dapat diinstal menggunakan RAID. RAID merupakan singkatan dari Redundant Array of Independent (atauInexpensive) Disk. Dengan RAID, jika salah satu hard drive pernah gagal, sistem akan tetap berjalan pada drive yang tersisa sehingga meningkatkan keamanan pada data-data yang tersimpan di dalamnya.

Penyimpanan Online
Layanan penyimpanan online seperti Xdrive, memungkinkan Anda untuk meng-upload file mereka ke server untuk menjaga kemanan data Anda. Meski menyenangkan, cara ini juga memiliki keterbatasan. Layanan ini umumnya mengenakan biaya bulanan relatif terhadap ruang penyimpanan yang diperlukan. Sebagai contoh, ruang sebesar 5 GB membutuhkan biaya $ 9.95 per bulan. 

Keamanan mungkin dapat terjamin dengan layanan ini, tetapi sebuah password tetap dapat menjadi satu media yang dapat disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Kecepatan koneksi internet juga mempengaruhi proses backup file dengan cara online.

Meskipun bukan daftar yang lengkap dari cara-cara yang tersedia, lima cara di atas menyediakan mekanisme yang sederhana dalam mengamankan data-data berharga Anda dan relatif terjangkau untuk memastikan agar data Anda tidak hilang. Karena ada pepatah “Lebih Baik Mencegah Daripada Mengobati”..

0 comments:

Post a Comment